Cek Pajak Kendaraan di Bandar Lampung, Lampung

Silahkan Masukkan Nomot Plat & data Kendaraan anda untuk Cek Pajak Kendaraan

Sudahkah anda bayar pajak kendaraan?

  1. Silahkan Pilih Plat kendaraan lokasi pajak kendaraan anda, Masukkan nomor Plat & Nomor Seri, Nomor Rangka serta pilih Provinsi pajak kendaraan anda yang terdaftar ke kolom sebelah kiri.
  2. Lalu klik "Cek" untuk mulai melakukan cek pajak kendaraan anda. harap bersabar, karna data anda langsung akan terhubung ke server E-Samsat Polri

Jika data info pajak Anda tidak keluar, Bukan berarti No Plat Kendaraan Anda tidak terdaftar, tapi bisa jadi server E-Samsat Polri sedang bermasalah.

Cara cek pajak kendaraan Bandar Lampung, Lampung

Cara cek pajak kendaraan Bandar Lampung, Lampung adalah dengan informasi dari Badan Pajak dan Retribusi Daerah Bandar Lampung, Lampung yang menggunakan info PKB (Pajak Kendaraan bermotor) dimana badan tersebut menerima pembayaran pajak melalui sistem online pajak daerah, begitu juga untuk cara cek pajak mobil dan cara cek pajak motor di sistem Pajak Kendaraan Bermotor (PKB). untuk mengecek pajak kendaraan Bandar Lampung, Lampung bisa dilalukan dengan empat (4) cara yaitu:
1. Aplikasi Pajak Online di Google playstore dan Apple ios Store, Aplikasi dapat anda unduh melalui handphone dan untuk setiap daerah, nama aplikasi yang bisa digunakan berbeda beda. pastikan anda download dari pengembang resmi E-Samsat.
2. Melalui Website Badan Pajak dan Retribusi Daerah yaitu dengan cara di situs samsat pkb provinsi Bandar Lampung, Lampung
3. Dengan menggunakan USS Code yang bisa digunakanan melalui handphone yaitu dengan mengetikkan kode *368*1# atau bisa juga menggunakan jasa premium SMS ke nomor 8893
4. Dengan menggunakan Website pihak ketiga seperti cekpajak.com

Cara bayar pajak kendaraan Bandar Lampung, Lampung

Cara bayar pajak kendaraan Bandar Lampung, Lampung adalah dengan menggunakan sistem online pajak daerah oleh Badan Pajak dan Retribusi Daerah Bandar Lampung, Lampung di sistem Pajak Kendaraan Bermotor (PKB) Bandar Lampung, Lampung di sistem tersebut anda dapat bayar pajak mobil maupun bayar pajak motor, namun ada beberapa persyaratan yang harus dilakukan untuk dapat menggunakan aplikasi untuk membayar pajak di info PKB, yaitu :



1. Kendaraan terdaftar di daerah Bandar Lampung, Lampung dan masuk ke dalam wilayah hukum daerah polda Bandar Lampung, Lampung
2. Memiliki rekening bank yang telah bekerja sama dengan Badan Pajak dan Retribusi Daerah provinsi Bandar Lampung, Lampung
3. Pemilik kendaraan memiliki KTP elektronik (e-KTP) Nasional
4. Memiliki Handpohone berbasis sistem informasi Android atau ios.
5. Memiliki alamat surel (email) aktif
6. Memiliki jumlah kuota internet minimal 50 MB

Setelah syarat-syarat diatas terpenuhi, Anda bisa mengunduh aplikasi di playstore (android) atau app store (ios) dan harus anda pastikan nama aplikasi yang anda unduh adalah aplikasi resmi cek pajak kendaraan dari Badan Pajak dan Retribusi Daerah Bandar Lampung, Lampung atau polda Bandar Lampung, Lampung. Setelah Aplikasi telah terunduh dan terpasang pada Handpohone Anda, maka berikutnya adalah Anda mendaftarkan diri Anda di aplikasi tersebut. Setelah berhasil melakukan pendaftaran di aplikasi pkb maka Anda akan menemukan menu untuk melakukan cek pajak kendaraan dan informasi kendaran bermotor serta menu untuk melakukan pembayaran PKB.
Cara membayar pajak kendaraaan di info PKB melalui aplikasi adalah sebagai berikut :
1. Buka aplikasi
2. klik menu Pendaftaran Online
3. Masukkan Nomor Registrasi Kendaraan Bermotor (NRKB) / nomor plat kendaraan anda
4. Pada bagian informasi pajak kendaraan akan ada pilihan untuk Lanjutkan Daftar Online atau tidak.
Pilih YA untuk melanjutkan menu membayar PKB secara online
5. lalu masukkan nomor e-ktp pemilik kendaraan
6. Akan muncul enam pasal ketentuan kemudian klik setujui untuk dapat melanjutkan membayar PKB secara online
7. Pada menu selanjutnya akan muncul kode bayar dan informasi biaya pajak kendaraan yang harus dibayarkan
8. Jika Anda ingin membayar secara online klik tombol YA, maka akan muncul opsi bank yang dapat digunakan untuk membayar PKB
9. Selanjutnya muncul metode pembayaran seperti Mobile Banking, Internet Banking, E-Samsat dll
10. Pilih salah satu metode pembayaran yang bisa anda gunakan, ikuti petunjuk selanjutnya yang ada pada layar Handpohone anda.
11. Setelah selesai melakukan pembayaran, Anda harus mengesahkan STNK kendaraan Anda ke samsat Bandar Lampung, Lampung terdekat. Anda akan diberikan waktu selama 14 hari untuk melaksanakan pengesahan STNK kendaraan Anda di bagian yang di tunjuk oleh samsat.
12. Dibagian loket, anda jangan lupa untuk membawa handphone yang ada aplikasi tersebut, STNK asli, SKPD asli dan e-KTP pemilik kendaraan asli.
13. Petugas samsat provinsi Bandar Lampung, Lampung akan membantu anda untuk melaksanakan proses pengesahan STNK dengan menekan menu Pengesahan STNK
14. Petugas samsat provinsi Bandar Lampung, Lampung akan membantu anda Mengisi NRKB, NIK e-ktp, dan 4 angka terakhir nomor rangka kendaraan Anda
15. pada bagian informasi kendaraan bermotor dan informasi PKB akan muncul QR Code yang akan discan oleh petugas Samsat provinsi Bandar Lampung, Lampung
17. Bila data sesuai dan proses sudah selesai maka STNK kendaraan Anda akan ditempel stiker pengesahan oleh petugas.

Kode Plat nomor Kendaraan atau Tanda Nomor Kendaraan Bermotor (TNKB) merupakan sebuah perangkat wajib yang akan dimiliki oleh setiap kendaraan, Plat no merupakan sebuah ciri registrasi kendaraan, kalau di Amerika Serikat kerap disebut sebagai plat izin (license plate). Memiliki bentuk seperti potongan plat logam atau plastik yang dipasang di bagian depan dan belakang kendaraan roda dua maupun lebih, dan menjadi alat identifikasi resmi untuk keamanan.

Pada plat ini terdapat sebuah nomor seri yang terdiri dari susunan huruf dengan angka yang dikhususkan untuk kendaraan itu. No ini di Indonesia dienal sebagai nomor polisi, pada umum nya digabungkan dengan info lain dari kendaraan yang kita beli. dimana Pada kode plat ini terdapat sebuah nomor seri yang terdiri dari susunan huruf dengan angka yang dikhususkan untuk kendaraan itu. No ini di Indonesia dienal sebagai nomor polisi, pada umum nya digabungkan dengan info lain dari kendaraan yang agan beli.

Plat nomor kendaraan terdiri dari 3 esensi

  1. Depan sebagai kode plat wilayah provinsi atau kabupaten
  2. Belakang adalah kode secara spesifik di area mana dalam kabupaten / provinsi tersebut kendaraan ini berada
  3. Tengah adalah kode angkat pada plat nomor
Nomor Urut Nomor Polisi Jenis Kendaraan
1 - 999 Kendaraan Penumpang
2000 - 6999 Sepeda Motor
7000 - 7999 Bus
8000 - 9999 Kendaraan Beban

Sebagai awalan kita lihat contoh pada gambar data plat nomor polisi berikut ini. Di sana tertuliskan ada plat dengan kode L 1996 YZ yakni plat nomor spesial atau khusus untuk area Surabaya.

CeK Plat Nomor

Di atas adalah penjelasan tentang dimana daerah dikeluarkannya TNKB, kode huruf plat nomer paling depan (kode plat nomor depan). Diikuti dengan alokasi nomor TNKB yang mana untuk angka 1 - 1999 adalah alokasi nomor plat untuk pribadi. Kemudian huruf berikutnya atau huruf pertama di kode bagian belakang untuk sub daerah dari TNKB. Huruf selanjutnya paling akhir atau 2 haruf akhir adalah alokasi huruf untuk TNKB yang terdiri dari huruf A - Z atau A - ZZ (kode plat nomor belakang).

Kode Wilayah
BL Nanggroe Aceh Darussalam
BB Sumatera Utara Bagian Barat (Tapanuli)
BK Sumatera Utara
BA Sumatera Barat
BM Riau
BP Kepulauan Riau
BG Sumatera Selatan
BN Kepulauan Bangka Belitung
BE Lampung
BD Bengkulu
BH Jambi
A Banten, Serang, Pandeglang, Cilegon, Lebak, sebagian Tangerang
B DKI Jakarta, Tangerang, Bekasi, Depok
D Bandung,Cimahi, Bandung Barat
E Cirebon, Indramayu, Majalengka, Kuningan
F Bogor, Cianjur, Sukabumi
T Purwakarta, Karawang, sebagian Bekasi, Subang
Z Garut, Tasikmalaya, Sumedang, Ciamis, Banjar
G Pekalongan, Tegal, Brebes, Batang, Pemalang
H Semarang, Salatiga, Kendal, Demak
K Pati, Kudus, Jepara, Rembang, Blora, Grobogan
R Banyumas, Cilacap, Purbalingga, Banjarnegara
AA Magelang, Purworejo, Kebumen, Temanggung, Wonosobo
AB Yogyakarta, Bantul, Gunung Kidul, Sleman, Kulon Progo
AD Surakarta, Sukoharjo, Boyolali, Sragen, Karanganyar, Wonogiri, Klaten
L Surabaya
M Madura, Pamekasan, Sumenep, Sampang, Bangkalan
N Malang, Probolinggo, Pasuruan, Lumajang, Batu
P Besuki, Bondowoso, Situbondo, Jember, Banyuwangi
S Bojonegoro, Mojokerto, Tuban, Lamongan, Jombang
W Sidoarjo, Gresik
AE Madiun, Ngawi, Magetan, Ponorogo, Pacitan
AG Kediri, Blitar, Tulungagung, Nganjuk, Trenggalek
DK Bali
DR Mataram, Lombok Barat, Lombok Timur, Lombok Tengah
EA Sumbawa Barat, Sumbawa, Dompu, Bima
DH Kupang, TTU, TTS, Rote Ndao
EB Manggarai Barat, Manggarai, Ngada, Ende, Sikka, Flores Timur, Lembata, Alor
ED Sumba Barat, Sumba Timur
KB Kalimantan Barat
DA Kalimantan Selatan
KH Kalimantan Tengah
KT Kalimantan Timur
DB Manado, Tomohon, Bitung, Bolaang Mongondow, Minahasa
DL Kepulauan Sangihe, Kepulauan Talaud
DM Gorontalo
DN Sulawesi Tengah
DT Sulawesi Tenggara
DD Sulawesi Selatan
DC Sulawesi Barat
DE Maluku
DG Maluku Utara
DS Papua dan Papua Barat

Seluruh kendaraan bermotor selalu dilengkapi dengan plat nomor atau biasa dikenal juga dengan nomor polisi. Untuk keperluan tertentu cek plat nomor kendaraan pun semakin diperlukan, terutama cara praktis secara online.

Tujuan dari adanya plat nomor tersebut adalah untuk memudahkan masyarakat dan pihak kepolisian mengidentifikasi kendaraan. Dengan demikian, bila terjadi kecelakaan, keadaan darurat hingga tindakan kriminal yang melibatkan kendaraan maka proses identifikasi akan menjadi lebih mudah.

Plat nomor pun terbilang sangat penting karena bisa dikatakan sebagai identitas utama dari sebuah kendaraan. Kendaraan yang tidak memiliki plat nomor kendaraan pun dilarang untuk digunakan hingga pemilik melakukan pengurusan.